4 tipe kepribadian manusia (Teori Hippocrates-Galenus)

Gambar. Wajah 4 kepribadian
Tipe kepribadian manusia secara umum terbagi menjadi 4 kategori besar: Sanguin, Koleris, Plegmatis dan Melankolis. 4 kategori kepribadian ini yang menentukan apakah mereka orang senang membaca atau senang bermusik, apakah mereka senang tinggal di rumah atau lebih suka dengan hingar bingar di tempat umum. Kategori kepribadian ini jugalah yang menentukan seseorang paling baik menjadi dokter, insinyur, pemusik atau bahkan pembuat kue. Peran manusia dalam kehidupan sosialnya sangat bergantung pada tipe kepribadian ini. Biar lebih jelas, langsung saja kita bahas satu persatu.
Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini juga yang membuat kehidupan sosial menjadi sedikit ‘lebih adil’ karena semua orang telah dilahirkan dengan perannya masing-masing berdasarkan tipe kepribadiannya. Mari kita bahas kelebihan dan kekurang masing-masing tipe kepribadian ini.

1Tipe Kepribadian Sanguin


Sanguin adalah manusia yang cinta perhatian. Mereka sangat suka berdiri di tengah-tengah orang banyak dan mendominasi perhatian mereka. Manusia tipe sanguin diberikan bakat alami sebagai seorang pembicara yang baik. Mereka sangat lugas memainkan kata dan selalu menjadi yang paling dominan saat berbicara di dalam forum (baik itu forum formal atau sekedar kongko-kongko dengan teman-teman).
Manusia tipe sanguin adalah manusia dengan daya khayal dan imajinasi yang tinggi. Tidak heran jika banyak manusia sanguin menjadi pencandu game. Mereka sangat bisa mengimajinasikan diri mereka masuk ke dalam dunia game yang mereka mainkan. Sanguin adalah orang-orang yang penuh percaya diri sehingga dengan mudah dapat mengintimidasi kepribadian yang lain di tempat umum. Manusia tipe sanguin sangat cocok menjadi musisi (karena kemampuan mereka membuat lirik dan nada yang indah), pembicara, presenter, komedian, salesman, atau segala sesuatu yang mengharuskan mereka tampil di depan orang banyak.
Manusia tipe sanguin adalah manusia yang kharismatik dan memiliki pergaulan yang luas. Dalam pergaulan sehari-hari, ketidakhadiran mereka seringkali membuat acara ngumpul menjadi membetekan. Tapi kelugasan mereka dalam mengolah kata-kata ini adalah pedang bermata dua. Di satu sisi mereka dapat dengan mudah membuat orang tertarik tapi di sisi lain dapat dengan mudah juga menyinggung perasaan orang.
Kebanyakan artis dan selebriti adalah manusia berkepribadian sanguin. Ini karena tanpa bakat dan kemampuan alami menguasai audience, bakal sulit untuk jadi artis. Farhat Abbas? Tidak, mungkin dia bukan pribadi sanguin. Kepribadian manusia agak susah diterka jika manusianya mengalami gangguan kejiwaan.
Lalu apa kekurangan dari manusia tipe sanguin ini?
Manusia tipe sanguin adalah mereka yang dalam pergaulan biasa kita kenal sebagai sosok “tong kosong nyaring bunyinya”. Mereka punya banyak ide dan gagasan, tapi tidak punya determinasi besar untuk mengeksekusi gagasannya sendiri. Mereka adalah kepribadian yang tidak konsisten, sangat mudah terdistraksi dengan hal-hal lain yang lebih menyenangkan. Manusia sanguin adalah tipe manusia pelupa (ya karena kesulitannya untuk fokus ini). Mereka bisa saja membuat janji dengan Anda yang akan ia lupakan 3 menit setelah ia katakan.
Manusia tipe sanguin punya kecenderungan tidak peka terhadap orang lain. Mereka lebih fokus menata kata-kata mereka untuk membuat orang lain terkesan sehingga terkadang tidak sadar telah menyakiti perasaan orang lain. Ketika mereka tahu bahwa mereka telah menyakiti perasaan orang lain, kebanyakan dari mereka tidak akan perduli.
Manusia tipe sanguin sangat payah dalam hal logika dan perencanaan. Mereka dengan mudah dapat membayangkan apa yang ingin mereka capai, tapi sulit untuk menyusun perencanaan logis yang sederhana untuk mencapai tujuan tersebut. Pada dasarnya, manusia sanguin sangat pemalas apalagi jika apa yang mereka kerjakan tidak berhubungan sama sekali dengan kesenangan mereka.
Catatan: Jika Anda bergaul dengan orang yang Anda curigai memiliki kepribadian sanguin, sebaiknya jangan pernah membuat janji atau bahkan menggantungkan hidup Anda padanya. Mereka bukan tipe kepribadian yang bisa ‘dipegang’ kata-katanya. Tapi ini bukan sebuah kepastian juga, karena masih ada pengaruh baik yang bisa datang dari latar belakang pendidikan atau faktor kebiasaan di lingkungannya. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati.

2. Tipe Kepribadian Koleris


Manusia tipe koleris adalah mereka yang terlahir sebagai pemimpin sejati (walaupun tidak semua manusia koleris berakhir sebagai pemimpin). Mereka memiliki bakat dan kemampuan untuk me-manage sesuatu yang bagi kebanyakan orang sangat rumit. Kelebihan mereka ini biasanya sudah terlihat ketika mereka mulai masuk organisasi sekolah atau kampus. Kenapa mereka dikatakan sebagai bibit pemimpin sejati? Karena selain kemampuan memimpin dan mengatur orang lain, mereka memang menginginkan kepemimpinan. Mereka sangat ambisius dalam pekerjaan dan dalam segala sesuatu yang berbau kompetisi. Kombinasi antara kemampuan dan kemauan ini yang membuat manusia tipe koleris dikatakan pemimpin sejati.
Sebenarnya manusia tipe koleris tidak seaktif dan sekreatif tipe sanguin yang kita bahas di atas. Tipe koleris lebih kepada pekerja di belakang layar. Mereka sangat hati-hati dalam perhitungan terlepas dari latar belakang pendidikannya. Satu kesamanaan umum yang bisa ditemukan di kebanyakan manusia koleris adalah pelit. Ya, mereka adalah Mr. Krabs dalam wujud manusia. Logika mereka dapat diandalkan dan mereka memiliki visi ke depan yang sangat jauh dibandingkan kepribadian lain. Mereka mungkin saja sudah memikirkan dimana akan merayakan lebaran 9 bulan sebelum masuk bulan puasa.
Mereka sangat cocok untuk menjadi entrepreneur, politikus, atau self employee (misalnya pengacara atau dokter). Sebagai karyawan, mereka cenderung memiliki bakat untuk bisa melompat dengan cepat di tangga karir walaupun punya masalah bekerja sebagai bawahan.
Tapi namanya juga manusia, pasti ada kekurangannya. Kekurangan kepribadian koleris antara lain:
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, mereka adalah bangsa manusia pelit.  Parahnya, kebanyakan orang berkepribadian koleris tidak merasa malu ketika dicap sebagai orang pelit. Ini karena dasarnya mereka adalah manusia yang tidak begitu perduli dengan pendapat orang lain. Mereka tidak pernah perduli jika orang-orang tidak senang padanya karena ia selalu percaya dengan kemandiriannya.
Sifat ambisius yang dimiliki manusia berkepribadian koleris juga adalah masalah dalam kehidupan sosialnya. Pasalnya, kebanyakan kepribadian koleris bahkan tidak segan untuk menyingkirkan teman, kerabat atau pun keluarga sendiri yang dianggap menjadi halangannya untuk mencapai tujuan tertentu. Ini membuat orang-orang koleris menjadi orang-orang yang jarang disukai di lingkungan tempat kerjanya (walaupun banyak yang berusaha menjilat).
Mereka sangat kompetitif dan bahkan menganggap hal-hal kecil sebagai kompetisi. Mereka tidak segan menjadikan kawan sebagai lawan dalam berkompetisi. Mereka sangat agresif dalam berkompetisi karena kecintaannya yang terlalu besar terhadap kemenangan. Karena kecintaan mereka terhadap kemenangan ini, mereka juga adalah manusia-manusia yang mudah sekali terpukul dan terpuruk saat kalah. Walaupun mereka dengan mudah menjadikan keterpurukannya sebagai senjata ampuh untuk kembali berkompetisi dan merebut kemenangan.
Catatan: Kesabaran adalah kata kunci untuk menghadapi manusia berkepribadian koleris. Anda mungkin akan mendapatinya mudah marah, mudah membuat Anda tersinggung atau terlalu serius bahkan dalam hal permainan kecil yang berbau kompetisi. Hati-hati juga adalah kata kunci yang lain. Seorang koleris dengan mudah dapat menganggap Anda saingan yang harus disingkirkan ketika ia merasa Anda dapat menghambat karirnya (bahkan bila Anda bersahabat dengannya). Tapi sekali lagi, ini hanya over generalisasi terhadap sikap bawaan manusia koleris. Sifat buruk mereka bisa saja mereka tekan berdasarkan latar belakang pendidikan atau kebiasaan di lingkungannya… atau bisa saja malah makin buruk.

3. Tipe Kepribadian Plegmatis


Anda pasti sudah membayangkan seperti apa kepribadian sanguin dan koleris yang sudah saya bahas sampai berbusa-busa sebelumnya. Mungkin malah Anda mendapati beberapa orang di pergaulan Anda yang berkepribadian sanguin dan koleris. Bayangkan jika di dunia ini hanya ada dua kepribadian tersebut. Anda akan hidup di dunia yang bising dan penuh perang!
Baiknya, Tuhan tidak akan membiarkan itu terjadi pada Anda dan saya. Ia kemudian menciptakan kepribadian lain yang membuat hidup lebih seimbang. Plegmatis adalah salah satunya. Plegmatis ini adalah salah satu tipe kepribadian yang paling sering ditemui. Dalam pergaulan Anda, setidaknya ada 45% manusia plgematis yang Andakenal. Sebenarnya, mereka bukan manusia dengan kepribadian yang kuat dan dominan, tapi mereka justru yang membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih baik.
Manusia berkepribadian plegmatis adalah manusia yang sangat cinta perdamaian. Perdamaian bagi mereka dalah nomer 1 (sementara nomer 2 dan 3 juga diisi dengan perdamaian.. duh). Ini membuat mereka lebih condong netral daripada memilih-milih kubu dalam sebuah konflik. Walaupun manusia plegmatis bukan manusia yang senang sendirian, mereka adalah orang-orang yang lebih memilih diam daripada berbicara tidak perlu. Bahkan dalam pergaulan sehari-hari, mereka lebih senang mendengar daripada bicara. Ini membuat mereka menjadi tong curhat yang paling disukai.
Manusia plegmatis sangat pandai bersabar dan mengambil nilai positif dari segala sesuatu yang terjadi (bahkan ketika nilai positif tersebut sebenarnya tidak ada). Manusia plegmatis dikenal dengan kebijaksanaannya karena memiliki kemampuan untuk berpikir tanpa emosi saat orang-orang lain di sekitarnya sudah mengasah parang. Walaupun cenderung diam, mereka bukan orang yang sulit bergaul. Mereka bahkan sangat supel (walaupun ini juga sangat tergantung dari latar belakang pendidikan dan faktor lingkungan) dan mudah akrab dengan orang lain. Mereka sangat cocok bergaul dengan kepribadian sanguin yang suka bicara.
Contoh manusia plegmatis yang mungkin Anda kenal antara lain Mahatma Gandhi dan Mother Theresia.
Kedengarannya mereka seperti malaikat kan? Sayangnya mereka bukan. Karenanya, manusia plegmatis juga memiliki kekurangan yang antara lain adalah:
Mereka terkadang sangat membosankan. Mereka memiliki kemampuan untuk bertahan dalam rutinitas yang membosankan, bahkan dalam pergaulan. Ia mungkin akan mengajak Anda ke restoran yang sama setiap minggu, selama bertahun-tahun persahabatan Anda. Mereka malas berpikir dan takut mengambil risiko dengan sesuatu yang baru.
Dalam pekerjaan pun mereka tidak berbeda. Mereka bisa mengerjakan tabel-tabel dan neraca selama bertahun-tahun dan di tempat yang sama tanpa merasa bosan. Inilah yang membuat mereka sebagai pekerja-pekerja administrasi yang super; mereka dapat mempertahankan fokus dalam suasana yang menjemukan bagi kebanyakan orang.
Maaf, tapi kalau saya mau bicara gamblang, manusia plegmatis ini terlahir dengan bakat untuk menjadi bawahan sejati. Ya, kebanyakan dari mereka tidak memiliki ambisi untuk mengejar karir. Mereka hanya menginginkan kestabilan finansial dan perdamaian, tidak lebih. Mereka memiliki ketahanan yang besar untuk bekerja di bawah tekanan atasan. Di samping itu, mereka sangat sulit mengambil keputusan penting untuk orang-orang lain (apalagi dengan jumlah banyak). Mereka tidak tegas, tidak cepat tanggap dan lamban dalam bertindak sebagai pemimpin (ini kedengaran seperti presiden kita ya?). Itulah kenapa kebanyakan manusia plegmatis tidak dapat menjadi pemimpin yang baik.
Dengan semua kekurangan yang ia miliki, pria plegmatis bukanlah pria yang secara mentalitas cocok untuk dijadikan suami di jaman serba kompetitif begini. Wanitanya mungkin akan mendapatkan kasih sayang, kebijaksanaan dan kedewasaan dari suami tapi akan tinggal di kontrakan sampai mati bosan. Well, some women like this way better. Who am I to judge? ðŸ˜€
Catatan: Bagi Anda yang senang curhat dengan frekuensi beberapa menit sekali, manusia plegmatis adalah sahabat Anda. Jangan takut mereka merasa bosan. Toh, mereka terlahir untuk menahan tekanan pekerjaan yang sama selama bertahun-tahun di bawah orang lain. Di samping itu, mereka akan selalu bisa memberikan pertimbangan yang matang dan bijak untuk setiap masalah yang Anda ceritakan kepadanya. Mereka bisa menjadi sahabat Anda selama bertahun-tahun, bahkan jika Anda juga orang yang membosankan.

4. Tipe Kepribadian Melankolis


Apakah cuma saya yang langsung ingat Charlie ST12 saat menyebut kata melankolis? Well, mungkin cuma saya ya. Kebanyakan orang mungkin baru ingat Charlie ST12 saat menyebut kata “menjijikkan”. Anyway, sekarang kita masuk lebih dalam dengan mengenal salah satu tipe kepribadian yang diberi nama menggelikan ini: melankolis.
Manusia tipe melankolis adalah manusia yang berkepribadian hampir sama pasifnya dengan kepribadian plegmatis. Mereka adalah tipe manusia dengan perasaan yang peka dan lebih banyak menghabiskan waktunya berpikir daripada kebanyakan orang. Kepekaan perasaan mereka ini membuat manusia melankolis sangat berbakat untuk menjadi pembuat lagu.
Manusia melankolis adalah pribadi yang disiplin dan sangat konsisten. Mereka sangat handal dalam hal logika dan sangat teliti dalam melakukan segala sesuatunya. Mereka sangat perfeksionis, apalagi bila berhubungan dengan hal yang ia sangat sukai. Banyak wanita yang diidentifikasi sebagai manusia berkepribadian melankolis yang maju dalam bisnis pembuatan kue dan makanan. Mereka sangat ahli dalam hal menjaga kualitas.
Mereka juga adalah pribadi yang terlahir dengan bakat seni. Seni yang mereka buat lahir dari kepekaan mereka yang lebih terhadap segala sesuatu di sekitarnya. Ini mungkin juga yang menjadi sebab karya-karya mereka hanya dapat dimengerti oleh mereka sendiri dan segelintir orang-orang lain yang juga melankolis. Picasso contohnya, diidentifikasi sebagai salah satu manusia dengan kepribadian melankolis.
Dari kepribadian ini jugalah lahir para pemikir dan filsuf. Kepribadian melankolis memang senang menyendiri dan menyibukkan dirinya dengan berpikir. Mereka tidak begitu tertarik dengan kepemimpinan. Seperti layaknya kepribadian plegmatis, mereka dapat tahan bekerja di bawah tekanan orang lain.
Baiknya, mereka adalah orang-orang yang paling tahu apa yang dirasakan oleh orang lain. Kepekaan perasaan mereka membuat mereka dengan mudah merasa empati untuk orang lain. Jika tanpa sengaja seorang melankolis menyinggung perasaan Anda, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendengarnya bilang “maaf”.
Tipe kepribadian ini juga memiliki kekurangan, yang antara lain adalah:
Mereka adalah tipe manusia penyendiri. Mereka lebih senang berkumpul dengan orang-orang terkedat dalam suasana rumah yang nyaman dan tidak hingar bingar. Kepribadian ini cenderung membutuhkan me time yang lebih banyak daripada kepribadian lain. Manusia-manusia yang paling banyak mengeluh soal kemacetan jalan adalah manusia bertipe kepribadian ini.
Walaupun sangat perasa, mereka selalu punya masalah untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain. Mereka hanya curhat kepada orang-orang yang sangat dekat, dan curhatan ini bisa memakan waktu yang sangat lama biasanya. Memendam perasaan adalah keahlian mereka, tapi karena kepekaan perasaan yang berlebihan membuat mereka sangat mudah terpuruk ke dalam depresi. Kepekaan perasaan mereka ini yang juga membuat mereka dengan mudah terpuruk saat menerima kritikan.
Manusia bertipe melankolis punya masalah serius dalam kepercayaan. Mereka sangat sulit percaya kepada orang lain dan cenderung berpikiran negatif. Mereka sangat mudah terpukul karena kritikan, tapi tidak mudah terpengaruh dengan pujian sebelum ia betul-betul mengenal Anda. Jika Anda memuji, ia bisa saja curiga bahwa Anda hanya berusaha menjilat.
Mereka tidak memiliki bakat untuk memimpin dan cenderung ragu dalam mengambil keputusan. Rasa tidak percaya diri ini membuat mereka selalu membutuhkan persetujuan dan dukungan moral dari orang-orang di sekitarnya sebelum mengeluarkan keputusan penting. Sebagai pemimpin, mereka lamban dan tidak tegas.
Conclusion:
Setiap kepribadian manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangan dan kelebihan inilah juga yang akan menentukan peran masing-masing manusia dalam kehidupan sosialnya. Satu fakta yang harus Anda tahu: setiap orang tidak cocok dengan orang lain yang berkepribadian sama. Sanguin misalnya, tidak akan bisa bersahabat dengan orang sanguin lain. 2 orang sanguin akan menghabiskan energi mereka untuk berlomba menguasai pembicaraan. 2 orang koleris akan saling sikut satu sama lain untuk menjadi yang paling dominan. 2 orang plegmatis yang berada dalam satu tempat di waktu yang sama mungkin hanya akan berbicara 2-3 kalimat satu sama lain selama 6 jam (atau bahkan lebih!). 2 orang melankolis hanya akan menghabiskan waktu mereka curhat berjam-jam tanpa solusi.
Ini semua terjadi karena setiap kepribadian membutuhkan kepribadian lainnya. Jika Anda mengkloning diri Anda menjadi 2 orang, saya jamin 2 orang tersebut hanya akan menjadi musuh Anda dalam waktu singkat. Jadi apapun kepribadian Anda, percayalah bahwa yang Anda butuhkan dalam kehidupan sosial Anda adalah orang lain dengan pribadi yang berbeda. Dengan begitu Anda dapat saling mengisi kelebihan dan kekurangan, bukan membenturkan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Perlu juga Anda ingat bahwa penjelasan tentang kepribadian manusia di atas dibahas secara umum. Tidak semua kekurangan dan kelebihan setiap kepribadian yang saya sebutkan akurat karena adanya pengaruh latar belakang pendidikan dan faktor lingkungan yang bisa merubah.
Dengan mengetahui ciri kepribadian manusia, Anda dapat dengan mudah mengusai orang yang sudah Anda identifikasi kepribadiannya. Menguasai yang saya maksud disini adalah maksud sebenarnya. Anda bisa membuat ia melakukan apa saja yang Anda inginkan dan tunduk kepada eksistensi Anda di sekitarnya (apalagi terhadap wanita).
Sumber : segiempat
Share on Google Plus

About AgipIM

" Aku hanyalah orang yang mencintai ilmu pengetahuan "
    Blogger Comment
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts